Pulau Sipora ( Mentawai )

  Pulau Sipora merupakan Pulau yang sangat strategis dari ke 4 pulau besar yang ada di mentawai. Posisi pulau ini berada di tangah-tengah antara Kepulauan Pagai dan Pulau Siberut,Serta memiliki 2 kecamatan. Hal ini lah yang menjadikan Pulau Sipora sebagai Pulau yang strategis dan juga mungkin sebagai acuan yang menjadikan Pulau Ini Sebagai Pusat kabupaten. Selain sebagai ibukota kabupaten kepulauan mentawai, Pulau sipora ini juga memiliki beberapa tempat wisata Surfing unik yang juga menarik wisatawan lokal dan juga Internasional.
Penduduk Sipora juga masih banyak memiliki mata pencaharian sebagai Petani dan Nelayan. dan kurang dari 50% penduduk ini bekerja sebagai Pegawai swasta maupun pegawai Negeri.
Beberapa Tempat Wisata yang sering di kunjungi oleh Wisatawan, Antara Lain ;

Dusun KatietTerletak di Desa Bosua di ujung selatan Pulau Sipora dikenal dengan gulungan ombaknya yang paling sempurna dengan ketinggian 3-4 meter. Bisa ditempuh selama 4 jam dengan speed boat dari ibukota Kabupaten Tuapejat. Meski pantainya berkarang namun karena gulungan ombaknya sempurna maka banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Pantai Pokai
Objek wisata pantai di Mentawai memang banyak pilihan dan masing-masing dengan keunikannya. Pantai Pokai misalnya, terletak di Desa Simalegi yang berjarak 3 jam perjalanan dengan speedboat dari Ibukota kecamatan. Selain keindahan ombak dan pulaunya yang indah ada pulau lainnya yang berjarak lima menit dengan bersampan.

Ombak Teleskop
Merupakan Objek wisata surfing yang paling dekat dengan Tuapejat ( ibukota Kabupaten ) terletak +/- 5 Km arah barat dari pusat pemukiman masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar