Mentawai


Mentawai adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia.
Kabupaten yang di namai dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai ini dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999 dan dinamai menurut nama asli geografisnya. Kabupaten Kepulauan Mentawai terdiri dari 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni yaitu Pulau Siberut (Sabirut ), Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh mayoritas masyarakat suku Mentawai. Selain itu masih ada beberapa pulau kecil lainnya yang berpenghuni namun sebagian besar pulau ( Nusa ) yang lain hanya ditanami dengan pohon kelapa.

Letak Geografis Kepulauan Mentawai



Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan kabupaten kepulauan yang terletak memanjang dibagian  barat pulau Sumatera dan dikelilingi oleh Samudera Hindia.
Kepulauan Mentawai merupakan bagian dari serangkaian pulau non-vulkanik dan gugus kepulauan itu merupakan puncak-puncak dari suatu punggung pegunungan bawah laut.
  Dari letaknya yang di kelilingi oleh Samudera Hindia, hal ini menyebabkan besarnya gelombang yang menghampiri pesisir pantai Kepulauan Mentawai ini, hal ini tentunya di manfaatkan dan seharusnya di kembangkan oleh pemerintah setempat agar dapat menambah pendapatan daerah Mentawai.

0 komentar:

Posting Komentar