Pulau Siberut ( Mentawai )

Pulau Siberut merupakan Pulau terbesar dan terletak di bagian utara dari Kepulauan Mentawai, terletak kira - kira 150 Kilometer barat Pulau Sumatera ke arah Samudera Hindia., Di pulau ini masih terdapat suku - suku pedalaman serta adat asli orang Mentawai. Sebagian dari pulau Ini telah di lindungi dan di jadikan sebuah taman Nasional yang dikenal dengan sebutan Taman Nasional Siberut, pada tahun 1993.
Beberapa Pulau kecil yang merupakan gugusan pulau Siberut diantaranya adalah  Karamajet dan Masokut yang terletak di Selat Bungalaut yang terletak di Bagian Selatan Pulau siberut Ini.

Di pulau siberut atau tepatnya di Taman Nasional Siberut Ada beberapa Hewan yang dilindungi,selauin karena Spesiesnya yang Langka, hewan2 ini pun hanya ada di Pulau Siberut.Beberapa Hewan tersebut termasuk Kloss Gibbon (Hylobates klossii), babi-ekor lutung (Simias concolor), Langur Mentawai (Presbytis potenziani) dan Monyet Mentawai (Macaca pagensis).
Sumber peta http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN INDO-ENGLISH/tn_siberut.htm

Suku Pedalaman Siberut

Suku Pedalaman Mentawai  yang berada Pulau Siberut. memiliki bahasa tersendiri, budaya dan agama. beberapa keahlian Penduduk pedalaman Ini adalah ; Membuat Perahu dari sebatang pohon yang besar atau dikenal juga dengan sebutan Sampan ( Abaq'/abak ;dalam bahasa aslinya ), Teknik atau cara berburu yang sangat baik.Sagu Merupakan Makanan Pokok suku Pedalaman di Pulau Siberut ini. Ciri khas lain dari masyarakat Siberut Adalah Busana Pria yang hanya mengenakan cawat yang terbuat dari kulit pohon sukun. Wanita memakai rok tradisional dari daun kelapa/Pisang. Serta Hal yang Paling Unik dan mengagumkan dari Suku Mentawai Ini adalah tato yang sangat tradisional dan di wariskan secara turun temurun kepada pria dan wanita. Serta Kebiasaan  Wanita yang mengasah gigi mereka agar menjadi lebih indah.


0 komentar:

Poskan Komentar