Pagai Selatan ( Mentawai )

Pulau Pagai Selatan,Mentawai  Sumatera Barat, Indonesia. Pagai Selatan Juga dikenal dengan sebutan Poelau Zuid Pagai, Pagai Selatan, Selatan Pageh. Pulau Ini terletak berdekatan dengan Pulau Pagai Utara, dan termasuk salah satu pulau besar di Kepulauan Mentawai. Juga telah berdiri sebagai Kecamatan Pagai Selatan ( Ibukota Kecamatan : Malakopa ) Beberapa daerah atau perkampungan di Pulau ini diantaranya adalah : 
Pinempet, Bulasat,Talopulai, Tapak, Mapooepooe, Muntai, Saumang, Labajau Malakopa, Baleraksok, Tiup (tiop)Buriai (boriai)Simakalo (makalo)Seai

  Pulau Pagai Selatan Juga memiliki Beberapa Pulau Kecil, yang menjadi bagian Pulau Ini. yaitu :

Pulau Saumang, Pulau Sibigau, Pulau Labajau, Pulau Pitojetsabeu, 
Pulau Kainangmuri.

    Pagai Utara dan Pagai selatan Di hubungkan Oleh sebuah Selat yang bernama Selat sikakap yang jaraknya kira - kira 2 Km.




Penduduk Pagai Selatan.


  Jumlah Penduduk Di Pulau Pagai Selatan Ini Kira - kira 20ribu jiwa ( sebelum tsunami 2011) Namun Hal ini sangat sulit di pastikan, karena kurangnya Perhatian Pemerintah setempat dalam hal menangani jumlah Kependudukan serta Sarana-sarana dalam Menunjang Pelayanan Mayarakat, Dan Juga Sulitnya Komunikasi. 
  Mata pencaharian Penduduk Pagai Selatan Hampir 90% berprofesi sebagai petani atau Nelayan, Dan mereka sangat Bergantung pada Hasil ladang dan Hutan., dan 10% diantaranya Sebagai Pegawai dan Pedagang serta Pegawai Swasta, Beberapa Hasil Hutan Pagai Selatan Yang Berharga Meliputi Kopra ( kelapa yang di keringkan ) Gaharu ( Batu yang terdapat pada inti kayu gaharu dan harganya mencapai jutaan bahkan puluhan juta per Kilogram ) , Rotan dan Kayu..









0 komentar:

Posting Komentar